Membuat konsumen kembali membeli adalah dambaan setiap seller. Namun tidak mudah tentunya membuat konsumen kembali membeli di marketplace (shopee, tokopedia, bukalapak dan lainnya) dengan banyaknya persaingan produk dan juga harga yang sangat nyata di platform marketplace.
Namun ada hal yang bisa kamu lakukan untuk dicoba agar pembelian kembali produk atau layanan di bisnis kamu bisa tercipta dan mendapatkan lebih banyak keuntungan lain di waktu yang akan datang. Oke, simak penjelasan beberapa tips untuk memaksimalkan marketplace dari bizbuzz indonesia di bawah ini ya:
- Layani dengan Ramah dan Responsif
Pertama-tama, pastikan Anda memberikan pelayanan pelanggan yang luar biasa. Tanggapi pertanyaan dan masalah pelanggan dengan cepat dan ramah. Responsif terhadap kebutuhan pelanggan akan meningkatkan kepuasan mereka dan mendorong mereka untuk berbelanja kembali.
- Lakukan proses pengiriman sesegera mungkin
Proses pengiriman selalu menjadi perhatian bagi konsumen. Untuk itu, memproses penjualan dengan cepat akan meningkatkan kredit bagi akun atau bisnis kamu di marketplace. Pertahankan standar kualitas yang tinggi untuk membangun reputasi yang baik.
- Buka jalur pemasaran setelah produk terjual
Menciptakan transaksi di marketplace tentunya bikin kamu girang banget kan. Namun untuk mempertahankan konsumen tetap membeli dari lapak kamu juga bukan hal yang mudah, karena tingginya persaingan. Buka jalur penjualan kamu sendiri melalui media yang kamu miliki, seperti sosial media dan website toko online kamu sendiri.
- Greeting card sebagai kunci
Sisipkan sebuah greeting card atau kartu ucapan di paket yang kamu kirimkan. Berikan dengan desain dan ucapan yang menarik dan tentu saja mengandung unsur ajakan untuk membeli kembali. Contohnya :
“Terimakasih kak Cindy sudah membeli produk kami. Untuk pembelian kembali kakak bisa langsung datang ke website toko online kami, dan ada banyak bundle dan bonus menarik lho kak.
Sehat selalu kak Cindy”
Dengan memberikan kartu ucapan untuk kembali membeli melalui website toko online kamu, itu artinya kamu sedang melakukan upselling, membangun branding dan menciptakan value dari bisnis dan layanan yang kamu miliki.
Dengan mengikuti tips di atas, kamu tidak hanya akan memaksimalkan penjualan dan pembelian kembali. Tapi juga menciptakan bisnis jangka panjang. Karena konsumen akan lebih mengenal bisnis dan produk yang kamu miliki. Dan bisnis kamu makin dipercaya karena telah memiliki toko online sendiri.